Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Koreografi yang disebut juga sebagai komposisi tari merupakan seni membuat atau merancang struktur ataupun alur sehingga menjadi suatu pola gerakan-gerakan. Istilah komposisi tari bisa juga berarti navigasi atau koneksi atas struktur pergerakan.


Hasil atas suatu pola gerakan terstruktur itu disebut pula sebagai koreografi. Orang yang merancang koreografi disebut sebagai koreografer.

Nah, di banyak film Bollywood, kamu pasti menemukan banyak nyanyian dan tarian, ya nggak? Para aktor dan aktris di film-film tersebut tak serta merta bisa menari, lho. Rupanya ada peran koreografer di balik indahnya tarian-tarian yang dibawakan para aktor dan aktris tersebut.

Nah, ini lho deretan koreografer populer yang merancang gerakan-gerakan tarian di film Bollywood :

1. Ganesh Acharya.

Chikni Chameli tak akan sukses tanpa koreografer Ganesh Acharya. Sosok yang satu ini sering sekali menciptakan tarian-tarian yang bertema ceria untuk film-film Bollywood terkenal.


2. Vaibhavi Merchant.

Cucu legendaris koreografer Bollywood B Hiralal Ji ini memulai debutnya dengan membuat tarian di film 'Dholi Taro Dhol Baaje'. Vaibhavi juga membuat koreografi apik di lagu 'Kajra Re' yang membuat lagu tersebut sukses besar.


3. Ahmed Khan.

Ahmed Khan besar di Bollywood sebagai koreografer dengan gerakan tarian yang mengagumkan di banyak film sebut saja Rangeela, Taal, Ghajini, dan lain sebagainya.


4. Saroj Khan.

Saroj Khan memulai debutnya sebagai koreografer pada tahun 1974. Ia adalah orang di balik suksesnya tarian di 'Ek Do Remaja', 'Choli Ke Peeche Kya Hai' dan 'Dhak Dhak Karne Laga'.


5. Ganesh Hegde.

Ganesh Hegde adalah sosok di balik koreografi keren film-film top Bollywood seperti Lagaan, Khamoshi, Don, I Started Liking You, dan lain sebagainya.


6. Shiamak Davar.

Ingat dengan film legendaris berjudul Dil To Pagal Hai? Koreografer handal di balik film tersebut adalah Shiamak Davar. Ia memang mengukhuskan diri di jenis tari dengan musik jazz dan kontemporer.


7. Remo D'Souza.

Koreografi Remo dapat dilihat dalam film seperti Krish 3, Yeh Jawaani Hai Deewani, Rang De Basanti, London Dreams, dan banyak lagi. Dia juga telah menjadi koreografer di dua film hits, F.A.L.T.U dan ABCD.


8. Terence Lewis.

Terence telah menjadi koreografer untuk film seperti Jhankaar Beats, Naach, dan banyak lagi. Terence juga telah membuka akademi tari sendiri di Mumbai dan juga reality show TV swasta India.


9. Farah Khan.

Film pertama yang dikoreograferi oleh Farah adalah Yoh Jeeta Wohi Sikandar. Selain menjadi koreografer, Farah Khan juga merupakan sutradara yang sukses dengan film-film seperti Main Hoon Na, Om Shanti Om dan Happy New Year.


10. Prabhu Deva.

Prabhu disebut sebagai Michael Jackson dari India. Tak hanya sebagai seorang penari, ia juga seorang sutradara dan aktor, lho.

sumber : brilio.net

About BMCI Jatim

BMCI Jatim Adalah Wadah Terbesar Komunitas Bollywood Mania yang berada di Jawa Timur. Tak hanya aktif di dunia maya, BMCI juga aktif di berbagai kegiatan dan even. Karena Kami tak pernah malu mengakui bahwa suka Bollywood
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post a Comment

Web ini adalah sarana informasi terkini dari BMCI Jatim tentang film, artis, lagu, dan ulasan film bollywood yang telah atau akan beredar di Tanah Air.

Sebuah komunikasi akan lebih hidup jika terdapat interaksi antara pembaca dan Ngadimin BMCI Jatim melalui Komentar di bawah ini.

Karena BMCI Jatim adalah KITA yang tak pernah malu untuk mengakui bahwa kita suka Bollywood.


Top