Mengenal 6 Startup Streaming Radio Online Indonesia

Mengenal 6 Startup Streaming Radio Online Indonesia

Radio yang merupakan perangkat elektronik sebagai media komunikasi audio kini sudah mulai tergerus dengan teknologi yang lebih canggih dan lebih modern. Bagaimana tidak, sejak kehadiran televisi dan #internet yang lebih menawarkan lebih banyak fasilitas dan kecanggihan, Radio konvensional sepertinya sudah tenggelam ditelan zaman. Buktinya, Anda bisa mencatat sendiri seberapa sering Anda menyalakan radio Anda dibanding televisi atau smartphone Anda dalam sehari. Itu juga jika Anda masih memiliki atau menyimpan perangkat radio di rumah Anda.


Namun, masih ada beberapa orang dan kalangan yang masih memiliki kecintaan terhadap media audio ini yang kemudian bergembira saat radio bisa didengarkan dengan format digital dan streaming. Dengan #teknologi yang ada radio kini rupanya telah menjelma sebagai sesuatu yang lebih atraktif dan menarik. Ya, dengan format musik digital dan streaming kini radio telah mampu menjangkau banyak perangkat termasuk smartphone yang kini sudah menjadi salah satu perangkat terbanyak yang ada dipasaran.

Radio streaming adalah konsep radio yang disajikan dengan konsep modern melalui jaringan internet dari sebuah website atau aplikasi. Kehadiran radio streaming ini memang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan stasiun itu sendiri. Jika tidak, sebuah stasiun radio bisa saja akan merugi dan akhirnya tutup. Beberapa stasiun radio besar yang kita kenal kini juga sudah menambah layanan radio streaming ini. Sebut saja Hard Rock FM, Prambors dan Jak FM.

Dan ternyata ketenaran dari radio streaming ini rupanya menarik para pengembang teknologi untuk menggarap startup aplikasi radio streaming online. Dengan gaya dan karakter sendiri, startup steraming radio ini hadir memeriahkan dunia #aplikasi dan radio. Berikut 6 startup streaming radio online Indonesia tersebut.

1. Ruru Radio

Dengan tagline “Radio Kontemporer Tanpa Gelombang”, Ruru radio yang kental dengan konsep seni ini memang berasal dari dari kalangan pekerja seni dan ditujukan untuk para pencita seni. Dibawah bendera artists initiative Ruangrupa, Ruru radio meramaikan dunia steraming radio Indonesia. Layanan streaming Ruru Radio sendiri kini sudah bisa di nikmati dari website atau dari smartphone android dengan mendoenload aplikasinya di play store.

2. Berisik Radio

Berdiri sejak tahun 2009, Berisik radio hadir dalam layanan streaming untuk segmentasi remaja dengan sajian konten yang berasal dari para pendengarnya. Dengan tagline “Indie School Radio”, Berisik radio telah memiliki beberapa program acara seperti ‘Pemalu’, sebuah acara dalam siaran pagi yang diperuntukkan ‘pemuda masa lalu’ dengan memutarkan lagu-lagu lama.
Ada juga program ‘Mumet’ yang menyuguhkan lagu-lagu metal. Lalu ada juga ‘Cutting Edge’ yang memutarkan demo pendengar. Ada lagi ‘Loro “Lara”’ yang bicara masalah cinta dan hal-hal romantis. Selain layanan streaming, Berisik Radio kini juga sudah memperluas layanannya ke area portal berita yang membahas musik dan tren di kalangan remaja.

3. Pamityang2an

Pamityang2an adalah istilah jawa yang berarti pamit atau izin untuk yang-yangan atau pacaran. Pamityang2an memang sreaming radio dari Yogyakarta yang kental dengan budaya jawanya. Dengan tagline “Karena Galau Adalah Harapan”, pamityang2an membuat program siaran streamingnya berkonsep humor dan lucu-lucuan.
Selain konsep humor, Pamityang2an juga banyak membahas permasalahan diseputar percintaan.  Pamityang2an sendiri  kini sudah tersedia di play store selain streaming via websitenya.

4. Hujan Radio

Hujan Radio adalah media streaming radio yang berkonsep free form, maksudnya pada setiap program atau siarannya setiap penyiar bebas menutar lagu dan membicarakan topik apapun sesuai minat dan keinginan penyiar.
Radio streaming yang berawal dari ide membuat layanan podcast ini digawangi oleh sekumpulan anak muda di Bogor. Dengan tagline “Your Intimate Music Guidelines”, Hujan Radio berencana menjadi media alternatif untuk menyebar informasi dan musik berkualitas.

5. Demajors Radio

Streaming radio yang merupakan bagian dari label musik sidestream Demajors adalah Demajors Radio. Di radio streaming ini Anda akan menjumpai banyak jenis lagu, dari lagu era 90-an sampai lagu-lagu terbaru. Dan yang jelas, di Demajors Radio Anda akan jarang mendengarkan konten-konten seperti di radio konvensional. Layanan streaming radio dengan nuansa terbaru ini sudah bisa di dapatkan dari market smartphone platform Android dan iOS.

6. Nitnut Radio

Inilah satu-satunya radio streaming di Indonesia yang menyajikan 24 jam nonstop lagu-lagu bollywood setiap hari. Dipelopori oleh anggota komunitas Bollywood Mania Club Indonesia area Jawa Timur, Nitnut Radio hadir mengisi cerukan pasar pendengar yang jarang sekali disentuh oleh media radio lainnya. Dengan membawa tag line " Karena Suara Tak Sekedar Bunyi Nit Nut" hadir menemani aktifitas apapun dari bollywood mania dimana pun berada. Aplikasi untuk mendengarkan radio ini bisa di download di http://tinyurl.com/nitnut2apk 

Apa pendapatmu tentang Mengenal 6 Startup Streaming Radio Online Indonesia? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url