Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


By : HARESH NARAINDAS

Yang acha2

Setelah lama baru ada film yg bikin hati saya serasa diklakson OM TOLELOT OM , setelah K3G baru kali ini saat nonton ber kali2 nangis dan bibir bergetar!! , DANGAL bukan saja menginspirasi , penuh pesan emansipasi , tapi juga menghibur walau jauh dari kesan film masala!!

Satu lagi, Aamir khan tua kok mirip banget ya dg penulis review ini wajah, fisik ckckck,mana kaca, mana kaca??? bureeem ternyata!!

Naskah film ini luar biasa ,nyaris sempurna , narasi film ini bisa bikin anda tertawa ,menangis ,terharu ,tegang ( bukan tegang versi sunny leone yak? ) bahkan mungkin merasa anda terlibat langsung dg tokoh2 dlm film ini ,ane aja merasa ada beberapa adegan kok mirip kelakuan saya thd anak2 saya,sungguh terasa nyata!! .

Awal hingga pertengahan kadang kesal dg tokoh MAHAVIR yg begitu ambisius mendapatkan medali emas buat india sehingga mengorbankan masa remaja 2 putrinya untuk jadi pegulat , kesel saat rambut putrinya dipotong pendek walau sang putri mohon jangan dipotong :( :( , kesel 2 putrinya kaya disiksa saat dilatih menjadi pegulat ,kesel melihat keluarga mereka dicemooh seluruh penduduk desa, seiring berjlnnya cerita, berbalik perasaan simpati muncul, terutama saat adegan Mahaveer tua dikalahkan putrinya saat latihan gulat dan sang putri meremehkan bapaknya karena dilatih oleh pelatih nasional ,adegan tsb bikin hati ane DICINCANG!

Siapkan minyak angin cap kampak dan tissue saat adegan sang putri Geeta nelpon ke mahavir untuk minta maaf ,air mata ngocor ,hidung ngocor ,Minyak angin ,inhaler,tissue laris andai dijual saat adegan ini!! ( coba nonton sono sambil jadi pedagang asongan :) )

Ending juga selain mengharu biru juga bikin merinding ,seolah rasa nasionalisme dan patriotisme bangkit!

Adegan emosional hubungan Mahavir dan 2 putrinya Geeta dan Babita digarap sangat baik ,sayang ,kesal ,marah ,kasian diaduk jadi satu ,sehingga menjadi drama yg komplit jika wedang jahe yah STMJ !! , bukan itu aja humor2 yg ditampilkan seperti keponakan mahavir yg jadi bulan2an saat latihan gulat ( saksikan sendiri ) dan tukang ayam yg jual daging ayam rugi demi kesuksesan latihan gulat putri2 Mahavir bikin ger2an, dan ane juga tersentuh melihat bini Mahavir yg vegetarian marah disuruh memasak daging ayam demi fisik sang putri....intinya ini film yg ACHA ACHA ditambahin 2 ,5 ACHA dg kata lain MASTERPIECE dan akan diingat sbg film klasik dimasa datang.!!


Yang nehiiiii

Yang mengharapkan film ini penuh tari,lagu,glamour , kissing, lempar bh, dan daleman , yah NOL!! ini bukan tipikal film masala!! .

Pertengahan hingga ending sedikit mengingatkan film CHAK DE dan BROTHERS , adegan full gulat,ronde satu, dua, latihan kemudian bertanding dst dst mirip 2 film tadi, cuma bedanya mungkin, adegan gulat dlm film ini ditata perfect sehingga serasa nyata ( dlm nehii masih ada acha juga yak :) )

Kekurangannya lain musik dan lagu dibuat untuk menyesuaikan jalan cerita, bukan untuk meng kilik2 kuping , jadi asik nonton klipnya tapi jika cuma denger lagunya tanpa nonton ya biasa aja....nehiiinya dikit aja!!


Lakon2nye

Aamir Khan seperti biasa TOTALITAS , melihat perubahan fisik dari muda ,kekar , sampe STW rada gendut ( miripp banget ane ) ,lalu jadi lansia dan gendut sungguh angkat topi!!, semua perubahan fisik tanpa rekayasa yg luar biasa sulit!! ,logat bicarapun logat Haryana yg kental ,bayangin anda orang jawa disuruh logat sunda atau batak, mudah ngga?? adegan drama, gulat, komplit perfect pokoknya perasaan kita diaduk kaya ngaduk semen dan pasir , andai dia mau menerima awards ,seluruh awards akan diborong nya thn depan ( menurut saya )

Aamir khan ternyata tidak egois ,dia banyak memberikan scene dan durasi buat FATEEMA SANA SHEIKH sbg GEETA dewasa putri mahaveer ,doi meyakinkan dan selevel dg Aamir khan ,bayangin selevel!! dia telah bekerja keras untuk adegan gulat sungguh tidak main2 melihat adegan2 gulat yg demikian dahsyat dan real untuk seorang wanita plus2 lagi adegan emosionalnya juga mampu menghanyutkan emosi penonton!!, lalu ZAIRA WASIM sbg Geeta cilik juga lucu, meyakinkan saat adegan latihan gulat dan mengiris kalbu saat adegan rambutnya dipotong pendek!! saksikan!!

SANYA MALHOTRA sbg Babita dewasa bagus banget, sayang perannya tidak sebesar FATEEMA ,tapi tetep keren dan pas dg perannya, lalu SUHANI BHATNAGAR sbg Babita cilik juga idem, keren,lucu menggemaskan!!

Bintang cilik RITHWIK SAHORE sbg keponakan mahavir yg selalu jadi bulan2an bikin film jadi meriah dan lucu, lalu saat dewasa diperankan oleh APARSHAKTI KHURRANA ( dia adik kandung Ayushman khurana aslinya) ,dan peran komedinya pas asli...lucu!!

SAKSHI TANWAR sbg istri Mahavir perannya kecil,tapi aktingnya keren,tersentuh saat adegan dia marah pada suaminya saat dia yg vegetarian disuruh masak daging ayam!!

GIRISH KULKARNI sbg pelatih geeta yg jahat standar lah,lumayan!!



Cerite

Mahavir phogat ( KANG AAMIR ) atlet gulat nasional yg gagal dapat medali emas walau punya potensi karena kurang perhatian pemerintah dan ingin keturunannya bisa meneruskan cita2nya, sayang dia selalu dikaruniai anak wanita, nyoba dan nyoba sampe berbagai cara dicoba, ada yg bilang jika mau "bikin " anak laki2 cuma boleh gituan hari minggu :) :) ( ane bikinnya senin-sabtu dulu kok dapet ya anak laki :) ) , tapi akhirnya dapat 4 semua anak wanita dan dia hampir putus asa!! lalu dia bangkit semangatnya saat 2 putrinya geeta dan babita membuat bocah laki2 yg mengganggu mereka bonyok bin babak belur dan Mahavir yg ambisius melatih 2 putrinya menjadi pegulat!! saksikan sendiri liku2 perjuangan mahavir dan putri2nya yg penuh kendala, penuh emosi, drama, humor dan bumbu2 yg bikin anda betah duduk 2,5 jam ,dijamin yg punya penyakit wasirpun lupa , ngga usah minum ambeven !! saksikan sendiri bersama seluruh keluarga, bersih dari kumpul kebo,kissing ....aman ditonton!!


Musik ; lagu ; lokasi shooting

Musik mengikuti alur cerita dan jika ditonton dg full ceritanya ya sangat asik ,tapi untuk jadi chartbuster berat deh!!

Lokasi shooting didesa di haryana sangat pas dg alur cerita dan enak ditonton, juga di Delhi saat pertandingan berlangsung ,selain itu arena gulat profesional juga dibuat setting yg megah dan keren!!


Perbedaan SULTAN dan DANGAL

Khusus ane buat segmen ini bukan untuk menjatuhkan film2 yg saya sebut ,tapi karena banyak yg menjudge themanya sama sebelum nonton!!

SULTAN : tipikal film masala yg dibuat untuk menghibur penonton,full tari,nyanyi ,lagu2 yg hits dan fokus di love story!! SULTAN keren di tempatnya dan berhasil sbg film hiburan !!

DANGAL : Kisah nyata yg dibuat realistik ,jauh dari kesan film masala dan cerita yg fokus tentang drama ayah dan putri2nya dan juga fokus dg thema emansipasi!!

Jadi yg ingin nonton ngga usah ragu SULTAN & DANGAL walau ada kesamaan yah cuma soal olah raga gulatnya , yg lain beda!!


Pesan terakhir

Yang belum punya anak laki2 ,bikinnya setiap hari minggu aja ya? eh salah maksud saya ngga usah kecewa jika tidak punya anak laki2 karena wanitapun tidak kalah dg laki2 ,ngga percaya? ada di DANGAL , jadi berbanggalah punya anak perempuan!,jika anak laki2 lahir ortu senang membagi2kan manisan , jika punya anak perempuan bagi2 manisan dan sekalian meriahkan dg pesta besar ( salah satu dialog film ini ).

DANGAL film bolywood pamungkas thn ini yg berhasil memenangkan hati saya, jika PINK dibilang sbg FILM OF THE YEAR , DANGAL dijuluki FILM OF THE CENTURY ...rugi jika ngga menyaksikan dibioskop!! jangan lupa bawa inhaler,tissue , pak pung oil , jika perlu BENDERA ,sebab nasionalisme anda akan bangkit liat ending film ini....oya nama jakarta dan indonesia beberapa kali disebut dlm film ini ,itupun bikin seneng ane ( saksikan sendiri )....panjang ya reviewnya?? ane permisi mau ngaca dulu ,soalnya setelah nonton DANGAL ane merasa menjelma jadi AAMIR KHAN ...OM TOLELOT OM ..BYE :)
-------------------------------------------------
Sutradara : Nitesh Tiwari
Producers : Aamir Khan, Kiran Rao, Siddharth Roy Kapur
Penulis : Nitesh Tiwari, Piyush Gupta, Shreyas Jain, Nikhil Meharotra
Inspirasi : Diangkat dari kisah nyata Mahavir Singh Phogat
Pemain : Aamir Khan, Sakshi Tanwar, Fatima Sana Shaikh, Sanya Malhotra, Zaira Wasim, Suhani Bhatnagar
Musik : Pritam
Cinematography : Sethu Sriram
Editor : Ballu Saluja
Rumah Produksi : Walt Disney Pictures, Aamir Khan Productions, UTV Motion Pictures
Beredar : December 23, 2016 (India) December 22, 2016 (United Kingdom)
Durasi : 160 menit
Thema : Biopic
Budget : 125 crore ( sudah termasuk honor Aamir khan )
Rating : 4,5 / 5
---------------------------------------

About Fauzi Ghazali

BMCI Jatim Adalah Wadah Terbesar Komunitas Bollywood Mania yang berada di Jawa Timur. Tak hanya aktif di dunia maya, BMCI juga aktif di berbagai kegiatan dan even. Karena Kami tak pernah malu mengakui bahwa suka Bollywood
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post a Comment

Web ini adalah sarana informasi terkini dari BMCI Jatim tentang film, artis, lagu, dan ulasan film bollywood yang telah atau akan beredar di Tanah Air.

Sebuah komunikasi akan lebih hidup jika terdapat interaksi antara pembaca dan Ngadimin BMCI Jatim melalui Komentar di bawah ini.

Karena BMCI Jatim adalah KITA yang tak pernah malu untuk mengakui bahwa kita suka Bollywood.


Top